OtoDetik - Wolfsburg -Biasanya mobil-mobil supermahal mengambil bentuk mobil sport sebagai modelnya. Namun lain halnya mobil yang satu ini. Tampangnya memang biasa, tapi biaya pembuatan mobil ini mencapai Rp 64,5 miliar dan bisa dibilang merupakan salah satu mobil dengan biaya termahal di dunia.

Mobil ini adalah Volkswagen Golf Design Vision GTI yang merupakan sebuah superhatch buatan merek Jerman, Volkswagen. Ini dibuat hanya 1 unit saja.

Salah satu hal yang mendongkrak harga jual mobil ini adalah kenyataan kalau mobil ini memiliki mesin 3 silinder yang berkekuatan 500 bhp atau dua kali lipat kekuatan standar Golf GTI.

Dengan kekuatan itu, maka mobil ini mampu melibas angka 100 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik saja dengan kecepatan tertinggi di angka 300 km/jam atau mirip dengan supercar yang kebanyakan mengambil model mobil sport.

Namun, meski menyandang nama Golf GTI, detail antara Volkswagen Golf Design Vision GTI dan Golf GTI standar tidaklah sama. Volkswagen mengatakan kalau satu-satunya hal yang persis sama diantara keduanya adalah kaca depan mobil ini.

Tubuh Volkswagen Golf Design Vision GTI sedikit lebih pendek, lebih rendah namun lebih lebar dari GTI standar. Kakinya disokong oleh seperangkat pelek 20 inchi dengan rem sebesar 15 inchi untuk menghentikan laju mobil yang menggunakan sistem penggerak four-wheel drive ini.

Tapi sebagai konsekuensinya, butuh biaya sangat besar untuk membuat mobil ini. Total Volkswagen mengeluarkan dana hingga 3,4 juta pounds atau sekitar Rp 64,5 miliar untuk memproduksi mobil tersebut.

Angka tadi berarti 125 kali harga Volkswagen Golf GTI standar yang di Inggris dijual mulai dari 26.000 pounds atau sekitar Rp 493 jutaan.

Bahkan angka tersebut lebih tinggi dari Lamborghini Veneno Roadster merupakan salah satu mobil termahal dunia. Padahal Lamborghini Veneno Roadster harga jualnya di Inggris mencapai 3,36 juta pounds atau sekitar Rp 61,5 miliar atau 10 kali lebih mahal dibanding Lamborghini Aventador, 3 kali lebih mahal dibanding Bugatti Veyron dan 20 kali lebih mahal dari Ferrari 458 Italia dan 341 Toyota Avanza.

Meski begitu, Volkswagen tidak berencana untuk memproduksi Volkswagen Golf Design Vision GTI ini. Namun, bos Volkswagen mengatakan sangat mungkin kalau generasi berikutnya dari Golf akan mengambil banyak inspirasi dari mobil ini.

"Desain tim singkatnya adalah untuk memberikan pandangan spektakuler ke masa depan GTI," kata Klaus Bischoff yang memimpin sebuah tim mengembangkan mobil ini seperti dikutip Daily Mail.

0 comments:

Posting Komentar

 
Dealer VW Jakarta I Volkswagen Jakarta Selatan I VW Jakarta Timur I VW Bintaro I VW BSD I VW © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top