Pemilihan Mobil Favorit di Jerman Penuh Kontroversi
DetikOto - Berlin - Dunia otomotif Jerman terguncang. Sebab pemilihan mobil terbaik Jerman dianggap penuh skandal dan mempertanyakan bagaimana VW Golf bisa menjadi mobil terbaik di Jerman di 2014 ini.

Kontroversi muncul ketika asosiasi Allgemeine Deutsche Automobil-Club (ADAC) mengakui telah memanipulasi hasil survei mereka yang merupakan bagian dari cara memilih mobil terbaik di Jerman.

ADAC mengaku telah menggelembungkan jumlah peserta survei hingga sepuluh kali lipat. 

VW Golf saat memenangkan predikat “Germany's Favourite Car” hanya meraih 3.400 suara, bukan 34.000 suara seperti yang dilaporkan. Gara-gara menang dengan cara seperti ini, Volkswagen seperti dilansir Reuters malah berniat mengembalikan lagi penghargaan itu.

Mantan Direktur Komunikasi ADAC, Michael Ramstetter sudah mengaku bertanggung jawab dan mengundurkan diri.

"Kami sangat menyesal. Kami harus berupaya keras memulihkan citra kami yang rusak," ujar Direktur Pelaksana ADAC, Karl Obemair yang menyebut tindakan Ramstetter kesalahan yang tidak bisa dimaafkan.

Ramstetter yang merupakan editor dari majalah ADAC Motorwelt yang merupakan majalah bulanan terbesar Eropa dengan 18 juta pembaca menggelembungkan hasil survei. Mereka menyebut 34.299 pengendara mengikuti survei dan memilih Golf sebagai mobil favorit Jerman padahal sebenarnya yang mengikuti survei hanya 3.409 orang.

Meski begitu, ADAC bersikeras kalau secara urutan keseluruhan, peringkat di VW Golf memang berada di posisi 1 dan pantas menjadi pemenang.

ADAC sendiri didirikan pada tahun 1903 dan merupakan klub otomotif terbesar di Eropa. Majalah mereka 'ADAC Motorwelt' mengklaim diri sebagai majalah otomotif dengan sirkulasi terbesar di Eropa di angka 13 juta eksemplar.

Untuk menjaga agar tidak terjadi hal serupa, manajemen ADAC mengatakan kalau mereka tidak menyadari penipuan telah terjadi saat survei dilakukan. Kesalahan ada di tim survei. Namun untuk mencegah hal itu terjadi lagi di masa depan mereka akan menyewa pengawasan independen di masa depan.

0 comments:

Posting Komentar

 
Dealer VW Jakarta I Volkswagen Jakarta Selatan I VW Jakarta Timur I VW Bintaro I VW BSD I VW © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top