OtodetikJakarta - Cuaca hujan serta mobil tua adalah kombinasi yang buruk untuk menjaga kaca mobil bagian dalam Anda tetap jernih, tidak berembun. Bagi Anda yang tinggal di daerah lembap dan dingin pasti sering bermasalah dengan kaca yang berembun ketika sedang mengemudi, apalagi jika menggunakan kendaraan tua.

Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut ini adalah jawabannya
Kapan embun itu muncul?
Embun terjadi ketika ada perbedaan temperatur udara antara di luar mobil dengan di dalam mobil.
Sebuah mobil biasanya tertutup cukup rapat sehingga udara di dalam mobil bisa lebih hangat dibandingkan udara dingin di luar mobil.
Ketika udara kelembapan di dalam mobil bertemu dengan kaca yang dingin akan mengubah uap air yang tadinya tidak terlihat menjadi titik-titik air yang menempel di kaca bagian dalam.
Efeknya adalah hal tersebut akan menghalangi penglihatan pengemudi. Udara yang dikeluarkan dari pernapasan manusia saja sudah cukup untuk menghasilkan embun tersebut.

Benda-benda lembap lainnya yang berada di dalam mobil juga dapat menghasilkan embun tersebut.
Misalnya saja karpet mobil yang basah, handuk, payung, atau jas hujan.
Karena itu, selalu keluarkan barang-barang yang basah dari dalam mobil sebelum berangkat bepergian.
Namun, hal lain yang juga berpotensi menciptakan embun di dalam mobil adalah adanya kebocoran di bagian mobil sehingga udara dingin atau air hujan dari luar dapat menerobos masuk ke dalam. Kebocoran itu bisa saja terjadi di bagian pintu, jendela, atau sunroof.

Sayangnya, mendeteksi kebocoran yang kecil sangatlah susah. Jika hanya kebocoran berupa air yang masuk mungkin cukup mudah dideteksi.
Namun, jika harus mencari area di mana udara dari luar dapat masuk ke dalam mobil cukuplah sulit. Karena itu, cobalah bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk diperiksa, bukan ke bengkel tidak resmi.
Penanganan
Biasanya mobil yang berembun adalah yang berusia di atas enam tahun. Semakin tua mobil tersebut, semakin sering berembun di dalamnya.
Namun, tak perlu khawatir, masih ada beberapa tindakan pencegahan agar mobil Anda tidak berembun ketika hujan atau berada di daerah yang dingin.

- Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan seluruh kaca mobil Anda, baik bagian dalamnya maupun bagian luarnya. Partikel-partikel kotor yang ada di bagian dalam kaca mobil menjadi media bagi uap air untuk menempel dan menjadi embun yang menghalangi pandangan.

- Gunakan pembersih khusus untuk kaca mobil, dan juga pakai lap microfiber atau kertas koran untuk membersihkan kaca. Cuci mobil secara rutin juga membantu untuk menjaga kaca tetap bersih.

- Salah satu cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan embun adalah dengan meletakkan sesuatu barang di dalam mobil yang berfungsi untuk menyerap uap air di udara. Benda penyerap uap air tersebut banyak dijual di toko-toko aksesori mobil.

- Membiarkan udara masuk ke dalam mobil juga cukup membantu untuk menghilangkan embun. Makanya tak heran apabila mobil berembun ada yang membuka kaca mobil untuk beberapa saat agar udara mengalir. Namun, tentu hal tersebut tidak dapat Anda lakukan jika cuaca di luar sedang hujan.

- Jika mobil Anda memiliki AC atau pendingin ruangan, tak perlu repot-repot melakukan hal tersebut di atas karena AC sudah cukup membantu untuk menghilangkan embun.

- Namun, jika mobil Anda tidak memiliki AC, bukalah sedikit kaca jendela agara udara dapat mengalir. Namun, apabila tidak memungkinkan untuk membuka jendela akibat sedang hujan, selalu siaga dengan lap microfiber untuk mengelap embun yang tiba-tiba muncul.

1 comments:

 
Dealer VW Jakarta I Volkswagen Jakarta Selatan I VW Jakarta Timur I VW Bintaro I VW BSD I VW © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top