AutobildGenerasi awal Golf GTI mungkin meraih kesuksesan dengan mudah, lantaran sedikitnya pesaing pada saat itu. Namun saat ini tugas yang diemban generasi ketujuhnya kian berat. Di Indonesia saja ia sudah memiliki pesaing macam Renault Megane RS, BMW M135i, Mercy A 250 Sport atau Audi S3 yang sebentar lagi hadir.

Kesan yang ditampilkan pertama kali mengundang perdebatan. Tak ada yang salah dengan guratan desain tajamnya yang rapi. Tapi untuk sebuah GTI, ia memang terkesan sederhana. Berbeda dengan saat kita melihat Golf GTI MkV di 2005 lalu misalnya. Setidaknya bumper depan belakang terlihat agresif dan keren.

Di dalam juga VW terkesan agak malu-malu membanggakan reputasi sebuah GTI. Hanya ada 1 emblem GTI di setir, itu pun tak begitu mencolok. Hanya jok kulit hitam dengan jahitan merah yang membuatnya terasa berbeda dengan versi TSI. Tentu bila diperhatikan lebih detail ada sejumlah perbedaan, namun tak terlalu signifikan.

Untunglah esensi sebuah Golf GTI, yakni asyik dikemudikan, justru kian bertambah di sini, Di balik kap mesin, unit 1.984 cc-nya yang bertenaga 220 dk mampu melesatkan mobil ini 0-100 km/jam dalam 6,5 detik. Itu sangat baik, bahkan bila injak terus gas mobil ini mampu melaju mendekati 250 km/jam. Girboks DSG 6 percepatannya bereaksi mirip sebelumnya, sigap serta sangat halus.

Dibangun di atas sasis berkode MQB yang menuai banyak pujian di mancanegara, pengendalian mobil ini sangat presisi. Apalagi rasio setirnya diubah menjadi lebih sigap. Kini untuk memutar setir lock-to-lock hanya dibutuhkan 2 putaran, sebelumnya 3. Ban 18 incinya mencengkeram, lantas suspensi GTI juga diset lebih keras serta lebih rendah 50 mm dibanding versi biasa. Alhasil, sedikit saja gerakan setir akan langsung mengubah arahnya bagaikan lalat.

Satu yang meningkat dari sebelumnya adalah nilai ergonomis kabin. Anda bisa duduk lebih santai dan nikmat dibanding MkVI. Jok belakang juga memiliki support ke paha lebih baik dan legroom bertambah.

Mesin ini juga memiliki torsi 350 Nm yang artinya setara dengan Scirocco R. Tak pelak, sejak putaran bawah karakternya sudah sangat responsif. Enaknya, tingkat respons ini bisa diatur via 4 moda berkendara yang tersedia.

Hanya versi 4 pintu yang dimasukkan ke Indonesia dengan harga jual bikin geleng kepala. Bagaimana tidak, harga Rp 730 juta itu mendekati Scirocco R yang bertenaga 36 dk lebih besar serta berpenampilan lebih atraktif. Meski demikian, VW mengklaim telah berhasil menjual 60 unit di awal kemunculannya.

0 comments:

Posting Komentar

 
Dealer VW Jakarta I Volkswagen Jakarta Selatan I VW Jakarta Timur I VW Bintaro I VW BSD I VW © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top