DetikOtoJakarta -Cat mobil adalah bagian yang tak terpisahkan dari mobil itu sendiri. Rusak atau kusamnya cat tak hanya mengganggu penampilan mobil tetapi juga menurunkan nilai jualnya, karena itu harus dijaga.

Seperti dilansir laman Car Wash Finder, Senin (22/12/2014), cara untuk menjaga cat mobil agar tetap kinclong, sebenarnya cukup mudah. Semua tergantung pada pemilik mobil dalam merawatnya.

Ada lima langkah serderhana yang bisa Anda lakukan untuk melindungi cat mobil. Apa saja? Berikut rinciannya :

1. Parkir di tempat sejuk

Hindarilah memarkir mobil di ruang terbuka dengan paparan terik matahari secara langsung. Soalnya, paparan sinar ultraviolet yang ada di sinar matahari bisa mempercepat cat mobil kusam. Terlebih bila Anda berada di wilayah pesisir atau dekat pantai yang udaranya mengandung unsur garam.

2. Cepat bersihkan kotoran burung dan kelelawar

Kotoran dua hewan itu memiliki unsur kimia yang mampu mendekonstruksi cat. Karena itu hindari parkir di bahan pepohonan atau ruang parkir yang kerap menjadi sarang bagi burung

3. Segera cuci mobil terkena bensin dan minyak rem

Bahan bakar minyak seperti bensin, memiliki kandungan yang merusak cat. Begitu juga dengan minyak rem, jika kedua zat itu mengenai cat mobil segeralah membersihkannya atau membilas dengan air bersih.

4. Mencuci mobil dengan benar

Penggunaan deterjen atau sabun sebaiknya dihindari untuk mencuci mobil. Sebab, keduanya memiliki zat bleaching yang bisa menyebabkan cat mobil cepat kusam. Bahkan, sabun yang mengandung bahan dari turunan minyak sawit bisa menjadikan cat mobil buram.

5. Hati-hati mengelap atau menggunakan busa pencuci

Meski berukuran sangat kecil, namun partikel debu dari batu atau benda padat lainnya yang menempel pada kain lap atau busa pencuci mobil bisa melukai cat sehingga tergores. Pastikan keduanya benar-benar bersih sebelum menggunakannya.

0 comments:

Posting Komentar

 
Dealer VW Jakarta I Volkswagen Jakarta Selatan I VW Jakarta Timur I VW Bintaro I VW BSD I VW © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top