Metrotvnews.com, Cirebon:Ban merupakan salah satu komponen mobil yang memegang peranan cukup vital. Tanpa adanya ban, kendaraan tidak akan dapat bergerak dan tidak memiliki daya guna. Nah, kali ini ada tips menarik dari Goodyear Indonesia sebagai produsen ban mobil.

Namun bagi sebagian kalangan, komponen dari karet ini masih menjadi anak tiri. Pemilihan dan perawatannya masih sering diabaikan sehingga kondisi ban kurang terawat.

"Ban masih menjadi bagian yang jarang diperhatikan. Padahal kalau tidak ada ban, bagian utama yang paling beresiko dan kontak langsung dengan dunia luar," jelas Andry Adam selaku Sales Training Manager PT Goodyear Indonesia.

Andry mengakui banyak orang yang mengeluh kondisi ban ketika sudah jelek atau terjadi kecelakaan maka pihak pembuat ban yang disalahkan. Padahal menurutnya masih banyak orang yang tidak merawat ban secara baik dan benar.

Pria berkacama mata tersebut membeberkan ada empat hal yang harus diperhatikan agar ban tetap memiliki umur panjang dan performanya terjaga. Pertama adalah kecepatan. Kecepatan sangat berpengaruh terhadap gaya gesek ban, semakin cepat mobil melaju maka semakin tinggi juga tingkat defleksi. Sebaiknya agar ban tetap awet, disarankan pada kecepatan normal.

Kedua yang harus diperhatikan adalah keadaan mekanisme ban. Hal ini berkaitan dengan spooring ban. Kendaraan harus rutin di spooring setiap 10.000 kilometer agar kondisi toe, camber, dan caster tetap seimbang. Keadaan mekanisme mobil yang tidak tepat dapat meningkatkan kinerja ban dan membuat ban cepat aus.

Kebiasaan mengemudi pun dapat memicu umur si karet bundar. Cara mengemudi yang agresif seperti melakukan rem mendadak atau menikung dengan kecepatan tinggi dapat mempengaruhi ban.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah tekanan angin. Andry membeberkan, sebesar 80 persen kerusakan ban disebabkan oleh tekanan angin yang tidak tepat. Andry menyarankan agar ban diberikan tekangan angin yang sesuai, agar kendaraan tetap aman dan nyaman ketika dikendarai.
(UDA )

0 comments:

Posting Komentar

 
Dealer VW Jakarta I Volkswagen Jakarta Selatan I VW Jakarta Timur I VW Bintaro I VW BSD I VW © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top