volkswagen polo 1.2 TSI
vw 
detikOto-Jakarta - Saat musim hujan tiba, tidak bisa dihindari body mobil akan sangat mudah kotor tidak terkecuali bagian kolong mobil. Sela-sela sempit ini rawan sering tidak diperhatikan karena posisinya yang tidak bisa lansung terlihat mata.

Padahal bagian kolong mobil Anda menyimpan berbagai metal yang rentan keropos.

Kotoran-kotoran daun dan tanah yang tercampur dengan air punya peranan besar dalam meningkatka tingkat korosi bagian kolong mobil Anda, karena rawan menempel pada lapisan sempit kolong mobil. Jika terlalu lama dibiarkan, kerusakan pada mobil Anda tidak bisa dihindari.

Oleh karena itu, setidaknya dalam seminggu sekali dilakukan pembersihan pada kolong mobil Anda jika saat itu hujan tidak terlalu intensif dan dua kali dalam seminggu jika hujan tingkat intensifitasnya tinggi dan mobil kerap menerjang banjir.

Berikut adalah beberapa titik yang wajib dibersihkan dan diperiksa secara teratur agar mobil Anda selalu dalam keadaan yang baik.

1. AS Roda


Komponen AS Roda khususnya mobil berpengerak roda depan wajib untuk selalu dibersihkan, karena butiran tanah serta kotoran lainnya yang kerap menempel dan sering menyebabkan kerusakan karet pelindung AS roda.

Efek jangka panjang yang mungkin terjadi, kotoran yang terus-menerus menumpuk juga rawan menyerang pelumas pada joint kopel sehingga terbuang dan mudah rusak

2. Lantai Pelindung

Untuk menangkal cipratan air bercampur tanah dan berbagai kotoran lainnya, beberapa produsen mobil melindungi box mesin dengan lantai.


Biasanya protektor ini dipasang dengan klep atau mur yang bisa mengalami kekenduran.

Jadi, selalu pastikan part ini agar tidak mengalami kekenduran sehingga komponen dalamnya selalu terjaga bersih dan mesin tetap terjaga maksimal

3. Steering Rack 

Kotoran yang menumpuk pada karet boot pelindung sistem kemudi rack dan pinion punya pengaruh yang besar terhadap bocornya oli power steering.

Saat akan membersihkan part ini, pastikan tidak ada rembesan oli sehingga sistem kemudi tetap normal.

4. Suspensi 

Part ini merupakan bagian paling penting untuk diperhatikan yaitu sela-sela pada suspensi. 

Apabila kotor, komponen yang sangat aktif menopang beban kendaraan ini akan rawan berdecit dan membuat Anda risih saat berkendara.

Usahakan untuk selalu rutin membersihkan bagian ini karena sil karet akan cepat rusak

5. Kondensor AC 

Karena posisinya yang cukup rendah dan lebih dekat dengan jalan, kondensor AC sangat rentan membuatnya menjadi tempat penampungan berbagai macam sampah sehingg 
menghalangi kisi-kisi kondensor.

Modelnya yang sejajar dengan radiator yang secara otomatis akan menghambat pelepasan panas AC dan kinerja mesin akan terganggu akibat kotoran yang menumpuk.

Walaupun tidak terlihat bukan berarti tidak perlu diperhatikan oleh karena itu pastikan Anda selalu merawat mobil Anda secara keseluruhan demi menjaga kondisi mobil Anda yang tetap baik untuk jangka waktu yang lama

0 comments:

Posting Komentar

 
Dealer VW Jakarta I Volkswagen Jakarta Selatan I VW Jakarta Timur I VW Bintaro I VW BSD I VW © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top