detikOtoJakarta -Divisi Volkswagen Motorsport dikabarkan sedang mengembangkan mobil balap pertama yang dibuat dari Golf generasi ketujuh. Mobil balap yang akan memiliki tenaga 330 PS itu akan dibuat sesuai dengan regulasi Touringcar Racer International Series (TCR) dan diharapkan akan bisa berlaga di dunia balapan mobil pada musim 2016 mendatang.

Dalam keterangan resminya, Sabtu (11/7/2015) karena proses pembuatannya dikejar waktu maka Golf untuk balapan ini akan diuji dengan intensitas yang maksimal hingga akhir tahun mendatang. Sebagai mitrakerjasama, Liqui Moly Tim Engstler akan menjalankan 2 mobil di ronde kedelapan dari Touringcar Racer International Series (TCR) yang diadakan di Red Bull Ring di Spielberg.

"Kategori TCR yang baru dibuat untuk menyediakan platform untuk balap pada tingkat nasional dan internasional. Mobil itu akan dibuat berdasarkan teknologi tinggi dan biaya yang terjangkau," kata Direktur Volkswagen Motorsport Jost Capito. "

"Ketika mengembangkan mobil balap konsep yang berbasis Golf, kami dapat sumber daya dari Volkswagen. Hal ini sangat mengurangi waktu dan biaya pengembangan. Kami juga akan menggunakan sisa musim ini untuk menguji mobil dalam kondisi kompetitif dan mengevaluasi proyek balap," tambahnya.

Golf melambangkan generasi balap

Secara visual, generasi mobil balap terlihat jelas pada Golf yang dikembangkan oleh Volkswagen Motorsport. Nantinya Golf ini akan menggunakan pelek ukuran 18 inci yang khusus digunakan pada mobil balap, chassis kira-kira 40 cm lebih luas dibandingkan dengan Golf versi produksi masal dan tersedia sayap belakang.

Splitter depan juga dirancang begitu aerodinamis dan sayap belakang menggunakan karbon yang sedikit dimodifikasi. Diantara komponen itu dirancang juga untuk melindungi pengemudi.

Jantung pacunya akan menggendong mesin turbo 2.0-liter empat silinder, gearbox DSG dan injeksi bahan bakar langsung yang berasal dari Golf R. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 330 PS dan torsi 410 Nm.

Volkswagen Motorsport sedang mengembangkan mobil bekerja sama dengan Sport Departement di SEAT. Seperti kendaraan produksi Volkswagen Group, platform MQB juga menawarkan banyak sinergi untuk balap mobil dan mengurangi biaya perakitan serta menjalankan mobil touring.

Setelah semuanya selesai, mobil ini akan mulai diuji untuk pertama kali di Red Bull Ring. Pengujian akan dilakukan secara intensif karena sisa balapan tinggal 4 kali lagi, karena VW mengejar target untuk masuk balapan di musim 2016. (ady/ady)

0 comments:

Posting Komentar

 
Dealer VW Jakarta I Volkswagen Jakarta Selatan I VW Jakarta Timur I VW Bintaro I VW BSD I VW © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top