vw polo 1.2 tsi
Detikoto,Wolfsburg/Tokyo -Toyota Motor Corporation (TMC) melaporkan penurunan penjualan di semester pertama tahun 2016 ini. Alhasil, Volkswagen (VW) kini masih menjadi produsen otomotif dengan penjualan terbanyak nomor satu di dunia.

Seperti diberitakan Reuters, Jumat (29/7/2016), TMC yang memproduksi kendaran merek Toyota, Lexus dan Daihatsu mengatakan, penjualan global mereka turun 0,6 persen pada Januari-Juni 2016 ini. TMC menjual 4.992.000 kendaraan di seluruh dunia di semester pertama ini, turun dari 5.021.000 pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara Volkswagen mengatakan, produsen itu telah mengirim 5.116.000 kendaraan pada periode Januari-Juni 2016. Angka itu naik 1,5 persen.

Sebenarnya Toyota telah menjadi produsen mobil terlaris di dunia selama empat tahun berturut-turut hingga 2015. Namun, produsen asal Jepang itu mengalami kendala dari bencana gempa bumi di Jepang pada April lalu sehingga memaksa proses produksi dihentikan selama berminggu-minggu.

Selain gempa pada April lalu, produksi domestik Toyota di Jepang juga dihentikan pada Februari menyusul adanya ledakan di salah satu pemasok baja. Ledakan itu menyebabkan Toyota kekurangan pasokan baja.

Di sisi lain, Volkswagen Group mengalami kenaikan penjualan. Itu didukung dengan penjualan mobil mewah Audi dan Porsche serta Skoda.

VW menargetkan penjualan kendaraan di tahun 2016 ini sebanyak 9,93 juta unit di seluruh dunia. Sebab, permintaan kendaraan di China dan Eropa Barat terbilang tinggi.

Sementara itu, di posisi ketiga produsen mobil terlaris di dunia di bawah VW dan Toyota ada General Motors (GM). GM menduduki peringkat ketiga dalam penjualan mobil terbanyak di dunia dengan angka 4.760.000 kendaraan selama enam bulan pertama tahun ini. Angka itu turun 1,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. (rgr/ddn)

1 comments:

 
Dealer VW Jakarta I Volkswagen Jakarta Selatan I VW Jakarta Timur I VW Bintaro I VW BSD I VW © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top