polo
detikOto-Jakarta - Freon (Cloroflurocarbon/CFC) adalah golongan gas mulia yang cukup terkenal karena dapat menyebabkan efek rumah kaca atau kebocoran lapisan ozon.

Begitu berbahayanya freon sehingga tidak boleh terhirup dan masuk ke dalam tubuh manusia. Namun freon sangat penting di dalam sistem pendingin mobil anda sehingga anda akan sangat dekat dengan zat berbahaya ini.

Bahaya dan Efek Samping Freon pada Manusia

Freon adalah zat yang tidak diperlukan oleh tubuh sehingga menghirup freon dapat menyebabkan masalah kesehatan pada manusia. Beberapa ciri-ciri masalah kesehatan karena menghirup ataupun bersentuhan dengan freon di antaranya :

Sentuhan freon pada kulit akan menyebabkan dermatitis
Iritasi pada mata, hidung, lidah, dan tenggorokan
Menghirup dalam jumlah kecil dapat menyebabkan efek mengantuk, penurunan kewaspadaan, mual, dan depresi
Menghirup dalam jumlah >2.000 PPM (part per million) dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur bahkan hingga masalah henti jantung.
Seperti yang disebutkan, bahaya utama dari menghirup freon adalah masalah pada detak jantung yang dapat menyebabkan henti jantung atau kematian.

Lalu mengapa kita masih menggunakan zat freon pada AC mobil?

Walaupun sangat berbahaya, masih belum ditemukan zat lain yang dapat menggantikan performa freon. Jadi sangatlah penting bagi anda untuk mengecheck secara berkala volume freon AC anda. Jika jumlahnya berkurang, ada kemungkinan terjadi kebocoran AC.

Antisipasi

Hanya ada 1 cara untuk mengantisipasi terhirupnya freon ke tubuh anda yaitu dengan memastikan tidak ada kebocoran pada AC mobil anda. Untuk itu anda perlu untuk :

Selalu menjaga kebersihan mobil dan saluran AC anda


Hal ini untuk mencegah adanya kotoran masuk pada saluran AC yang dapat menyebabkan munculnya kerak penyebab korosi pada kompresor AC

Mengecek dan memastikan volume dan kualitas oli kompresor
Oli kompresor sangat memegang penting dalam mengontrol besarnya tekanan pada kompresor AC. Tekanan yang terlalu besar dapat menyebabkan jebolnya kompresor AC mobil anda

0 comments:

Posting Komentar

 
Dealer VW Jakarta I Volkswagen Jakarta Selatan I VW Jakarta Timur I VW Bintaro I VW BSD I VW © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top